• .

  • Rentalmobiljogjadengandriver

    .

  • Rentalmobiljogjadriver

    .

  • Untitled 1

    .

WISATA CANDI DI JOGJA

Candi Prambanan

rental mobil jogja

Candi Prambanan merupakan  kompleks candi Hindu terbesar yang berada Indonesia, bahkan menurut penelitian juga merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Candi ini dibangun oleh Wangsa Sanjaya sekitar tahun 850 yang memiliki ketinggian 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur, dan Candi Prambanan ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya dunia (World Wonder Heritage) sejak tahun 1991. Candi Prambanan menunjukan kejayaan peradaban hindu di tanah jawa dengan telihat perkasa dan kokoh.

 

Prambanan atau  Candi Rara Jonggrang didasarkan pada sebuah legenda yang diyakini sebagian masyarakat Jawa tentang candi ini.

Menurut legenda masyarakat jawa, candi ini juga disebut Candi Roro Jonggrang. Legenda itu menceritakan tentang seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh cinta kepada putri raja yang cantik rupawan putri itu bernama Rara Jonggrang. Karena sang putri tak kuasa menolak cinta sang pangeran, Jonggrang mengajukan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan seribu candi dalam waktu semalam. Permintaan itu dapat dipenuhi Bandung Bondowoso jika Roro Jonggrang tidak berbuat curang. Sebelum ke 1000 candi itu dapat dibuat, Roro Jonggrang meminta bantuan warga desa untuk menumbuk padi dan membuat api besar agar mengesankan bahwa pagi hari telah tiba, sehingga ayam jago pun berkokok. Merasa dicurangi, Bondowoso yang baru menyelesaikan candi yang ke-999, kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1.000.

Salah satu keistimewaan candi Hindu di Jogja ini adalah relief-reliefnya yang menempel di dinding candi. Relief utama pada dinding candi menceritakan tentang kisah Ramayana. Namun, relief pohon kehidupan, kelestarian, dan keserasian lingkungan atau dalam agama Hindu lebih dikenal dengan pohon kalpataru ini juga tak kalah menarik. Di Candi Prambanan ini, terdapat relief pohon kalpataru yang tengah mengapit seekor singa. Keberadaan pohon kalpataru ini menggambarkan tentang kearifan masyarakat jawa abad ke-9 dalam mengelola lingkungannya.

Candi Prambanan ini terletak di propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya terdapat di propinsi Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini memiliki pesona eksotik di kala senja menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mempesona. Untuk mencapai candi ini anda bisa menggunakan transportasi umum seperti Trans Jogja jalur A, atau menggunkan rental mobil jogja yang banyak ditawarkan di Jogja. Anda tinggal request ke driver maka anda akan di antar ke Candi Prambanan.

 


 

Candi Borobudur

 

Rental mobil jogja

Kali ini kami tim rental mobil jogja akan mengulas tantang candi borobudur. Candi Borobudur adalah sebuah candi yang dibangun pada masa kejayaang Dinasti Syailendra Candi ini adalah monumen Budha paling megah di dunia dan juga merupakan salah satu situs yang sangat menarik dengan segala keindahan dan panoramanya yang mempesona, struktur bangunan yang mengagumkan, dengan nilai seni tinggi. Candi yang terletak di Magelang ini adalah salah satu landmark populer di kancah dunia internasional, dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (World Heritage Sites), dan menjadi destinasi wisata di Indonesia yang terkenal. Akses untuk menuju ke  Candi Borobudur ini dapat dicapai dengan mudah baik dengan rental mobil di jogja maupun kendaraan umum. Selain Borobudur, tedapat juga candi pawon dan candi mendut. Candi Borobudur termasuk candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra dan merupakan monumen Budha termegah di dunia. Oleh UNESCO,  candi yang dibangun pada abad ke-8 ini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia (world heritage).

Hampir semua wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta mengincar Borobudur sebagai destinasi wisata yang harus didatengin, begitu juga dengan wisatawan domestik. Candi ini dapat diaksise dengan mudah menggunakan rental mobil jogja. Rasanya kurang komplit kalau berkunjung ke Yogyakarta namun tidak mampir ke candi yang megah ini di mana berlokasi di Kabupaten Magelang, dan masuk wilayah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Relief, ukiran, dan patung yang ada dalam Candi Borobudur menceritakan tentang kisah dan sejarah menyangkut kepercayaan religius pada jaman dulu. Sebagai sebuah candi yang besar, Candi Borobudur mampu mengagumkan para wisatawan. Dengan teknologi serba manual, manusia masa lampau mampu membangun sebuah karya budaya yang begitu besar, namun masih mampu berdiri kokoh dengan kemegahanya hingga saat sekarang ini. Borobudur terbuat dari batu kali dan semuanya tersusun rapi dengan sistem interlock (saling mengunci satu sama lain). Belum lagi kehebatan para pemahatnya yang mampu memahat 2672 panel relief secara berkesinambungan.

Tempat wisata Magelang yang satu ini adalah juga candi Buddha terbesar di abad ke-9. Candi Borobudur mempunyai 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleknya. Candi mempesona ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra, oleh Raja Samaratungga, raja kerajaan Mataram Kuno.

Wisatawan yang mengunjungi Borobudur bisa berjalan kaki mengitari candi ini secara pradaksina (berputar searah jarum jam) seperti yang dilakukan para peziarah zaman dulu. Selain menikmati kemegahan candi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur wisatawan juga dapat mengunjungi dan mencoba banyak hal menarik. Bagi wisatawan pecinta museum, mereka dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa. Wisatawan juga dapat menunggang gajah tunggang, dan untuk mengelilingi kompleks Borobudur wisatawan dapat menyewa sepeda tandem atau dengan kereta mini.

 


 

Candi Ijo

Tim Rental Mobil Jogja Kali ini akan mengunjungi candi ijo. Candi Ijo merupakan komplek percandian yang terletak di Bukit Ijo. Bukit Ijo merupakan perbukitan tertinggi di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, dengan ketinggian 350-400 mdpl. Lokasi ini merupakan lokasi candi tertinggi dibandingkan candi-candi lainnya di wilayah Yogyakarta. Nama candi tersebut diambil dari nama lokasi dibangunnya candi yang oleh masyarakat setempat dinamakan “Gumuk Ijo” (gumuk = bukit).

Rental Mobil Jogja Candi Ijo

Karena ketinggian lokasinya, dikalangan penikmat wisata purbakala, candi Ijo mendapat sebutan “Candi tertinggi” di Yogyakarta.

Candi Ijo merupakan komplek percandian yang terdiri atas beberapa bangunan dengan halaman teras berundak. Halaman paling atas di bagian belakang menjadi halaman paling suci. Bangunan punden berundak ini merupakan salah satu hasil kebudayaan pada jaman megalitik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di situs Candi Ijo, diketahui bahwa di situs candi ini terdapat 11 teras berundak dan ada 17 struktur bangunan di atasnya.  Jalan masuk menuju bangunan utama berupa teras berundak atau halaman candi yang membujur dari barat ke timur. Halaman paling atas (teras ke-11) adalah halaman tertinggi sehingga dianggap halaman paling suci. Pada halaman ini terdapat Candi utama dan tiga candi perwara yang berderet didepannya, dan juga pagar keliling, dengan delapan buah lingga patok.

Kompleks Candi Ijo sebetulnya masih berada dalam satu perbukitan dengan candi-candi lain, semisal Candi Barong, Candi Ratu Boko, serta Candi Banyunibo yang terletak di atas bukit kapur wilayah Kecamatan Prambanan. Candi Ijo sendiri dibangun sekitar abad ke-9 Masehi..

Jika berada d teras teratas, wisatawan akan memandang lembah yang berteras curam jika memandang ke arah selatan. Semak belukar akan tumbuh lebat menyelimuti perbukitan yang tandus ini di musim hujan. Ditepi barat perbukitan prambanan ini, wisatawan akan menemui pesawat yang mendarat dan lepas landas di Bandara Internasional Adisucipto.

 


 

Candi Plaosan

Candi yang terdapat di Dusun Bugisan, Kec. Prambanan ini disebut Candi Plaosan. Candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya Pramudyawardhani. Candi Plaosan sering disebut juga candi kembar dikarenakan terdapat dua komplek candi, yaitu kompleks Candi Plaosan Lor(utara) dan kompleks Candi Plaosan Kidul(selatan). Setiap bagian dari kedua candi ini memiliki kesamaan satu dengan yang lainnya. Letak kompleks kedua candi ini berdekatan, kurang lebih sekitar 100 meter. Pahatan yang terdapat di Candi Sari, Candi Borobudur, dan Candi Sewu sangat halus dan rinci terdapat pula di Candi Plaosan.

Candi Plaosan yang merupakan candi Budha ini oleh para ahli diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 M, saat Kerajaan Mataram Hindu di masa pemerintahan Rakai Pikatan. Dari corak bangunan candi, diketahui bahwa candi plaosan ini merupakan perpaduan antara kebudayaan Hindu dan Budha. Permukaan teras yang halus menjadi ciri khas kuat dari Candi Plaosan, sehingga memberi perbedaan dengan candi-candi yang dibangun di periode yang sama.

Dari keyakinan masyarakat lokal, Candi Plaosan ini dapat mendatangkan berkah bagi pasangan suami istri yang menginginkan keturunan, karena diyakini memiliki kekuatan cinta Pramudya Wardhani dengan Rakai Pikatan. Berkah untuk mendapatkan keturunan, dapat diperoleh dengan melakukan permohonan di candi ini. Permohonan tersebut sebaiknya dilakukan setiap malam Selasa Kliwon dan atau malam Jum’at Kliwon. Ritual permohonan dilakukan sebanyak tiga kali, dapat dilakukan berurutan maupun tidak berurutan, yang terpenting ritual permohonan genap dilakukan sebanyak tiga kali. Itulah sebabnya objek wisata candi ini cukup populer bagi pasangan suami istri yang ingin dikaruniai kelahiran seorang anak.

 


 

Candi Sambisari

Selama ini kebanyakan sisa peninggalan sejarah yang berupa candi terletak di dataran yang lebih tinggi dari dataran sekitarnya. Seperti Kompleks Candi boko, Candi ijo yang dibangun di ketinggian atau di lereng bukit

Candi peninggalan masa kejayaan Hindu di tanah Jawa ini memiliki lokasi yang cukup unik, yaitu terletak kira-kira 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah. Karena Candi ini terletak di dusun sambisari maka candi ini disebut Candi Sambisari. Candi hindu yang pernah terkubur material vulkanik yang berasal dari gunung Merapi ini ditemukan oleh Karyoniangun, seorang petani dari dusun sambisari pada tahun 1966 ketika dia mencangkul di ladangnya.

Diperkirakan letusan dahsyat gunung Merapi di tahun 1006 telah mengubur batuan candi setinggi 7,5 meter ini selama ratusan tahun. Dari hasil penggalian tanah dan penelitian geologis terhadap batuan candi pada tahun 1966 itu, diperoleh kepastian bahwa batuan tersebut memang sebuah situs candi.

Wednesday the 13th - @rental mobil jogja murah 2015 - Design by Opteck